Tetap Termotivasi Saat Merasa Tidak Produktif

“Penelitian telah memperlihatkan bahwa manusia dapat menipu otaknya untuk menambah kadar dopamin dengan membuat dan mencapai tujuan-tujuan kecil”.

Libur saat akhir tahun merupakan satu dari beberapa musim liburan yang sangat diharapkan oleh banyak orang. Namun, setelah liburan berakhir kadang kita akan merasa lesu dan malas untuk kembali beraktivitas. Tapi itu wajar, entah karena liburan atau tidak, kadang-kadang rasa malas muncul karena harus bekerja keras di kantor ketika kita tidak merasa itu adalah bagian dari pekerjaan, seperti merasa kelelahan atau meragukan karier yang dijalani saat ini. Tidak ada orang yang selalu semangat dalam menjalani rutinitas pekerjaannya, pasti ada saatnya untuk merasa jenuh dan bosan dengan rutinitas yang dilakukan.

Namun, hal ini bukan merupakan sesuatu yang sia-sia, dan jangan menganggap bahwa hari ini sebagai kerugian. Bahkan jika Anda tidak merasa 100 persen, ada cara untuk tetap menyusun hari Anda saat ini atau hari apa pun Anda merasa kurang motivasi untuk memaksimalkan produktivitas Anda (Atau, setidaknya, meminimalkan kerugian Anda). Berikut adalah caranya.

Memulai dari hal‐hal yang paling kecil

Jika tidak dapat mendorong diri sendiri untuk memulai sesuatu hari ini, cobalah melakukan beberapa hal kecil, sekecil mungkin dan selesaikan satu per satu. Sebagai contoh, berhentilah jika Anda bingung dengan apa yang akan Anda tulis dalam e-mail yang tidak dapat Anda tulis sendiri, dan cukup memulai dengan klik tombol untuk membuka e-mail baru. Ketik alamat e–mail penerima. Klik jendela baris subjek, tuliskan baris subjek, dan seterusnya.

Hal ini bukan hanya tipuan yang disebut jalan pintas dalam hidup: Penelitian telah menunjukkan bahwa Anda dapat menipu otak Anda untuk menambah kadar dopamin dengan membuat dan mencapai tujuan-tujuan kecil.

Bertanggungjawab

Bicaralah kepada rekan kerja kepercayaan Anda bahwa Anda tidak bersemangat hari ini. Minta mereka untuk memeriksa dan memastikan Anda tetap dalam tugas. Temukan seseorang yang Anda percayai yang dapat memberi Anda dorongan membantu yang tidak akan terasa invasif, tetapi hanya seseorang yang membuat Anda akan tetap bekerja.

Beristirahat

Setelah liburan yang cukup lama, mungkin Anda hanya merasa sedikit lelah hari ini. Sekali lagi, hal tersebut tidak apa-apa!

Beberapa orang pasti menyarankan untuk mengambil istirahat teratur dan jika memungkinkan untuk tidur siang di tempat kerja. Hal ini sangat penting ketika Anda merasa sedang tidak enak badan ataupun sedang jenuh dengan pekerjaan. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Nature Neuroscience menemukan bahwa tidur sebentar (antara 20 dan 30 menit) dapat menghentikan penurunan kinerja, dan tidur siang selama satu jam bahkan dapat membalikkan penurunan itu.

Bahkan jika Anda tidak sempat tidur sebentar, hanya berjalan sedikit saja dapat membantu Anda kembali segar. Berdiri dan bergerak akan membuat aliran darah ke otak meningkat, dan menambah kesadaran dan dapat kembali bekerja dengan lebih fokus.

Sayangi diri sendiri

Jadi, Anda sedang libur. Terima saja, lakukan yang terbaik yang bisa Anda lakukan, tetapi jangan menyalahkan diri sendiri. "Mengkritik diri sendiri dapat menyebabkan pemikiran ruminatif yang mengganggu produktivitas kita, dan itu dapat berdampak pada tubuh kita dengan menstimulasi mekanisme inflamasi yang mengarah pada penyakit kronis dan mempercepat penuaan," Dr. Richard Davidson, pendiri dan direktur Center for Healthy Minds di University of Wisconsin-Madison.

Lakukan ke⁃empat cara di atas, dan Anda akan kembali ke versi terbaik dari diri Anda dalam waktu singkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.