Membantu Anak dengan Cara Belajar Unik Agar Sukses – Bagian 1

Semua anak adalah anak pintar dengan caranya sendiri. Namun, beberapa anak memiliki gaya belajar tersendiri yang tidak memungkinkan mereka untuk berhasil jika menggunakan metode pembelajaran tradisional. Anak-anak ini tidak cacat. Mereka cukup mampu mempelajari segala hal yang dipelajari rekan mereka. Mereka hanya belajar dengan metode yang berbeda. Tetapi anak-anak dengan perbedaan cara belajar sering dirampas kepercayaan dan kegembiraan mereka.

Mungkin sangat sulit bagi orang tua untuk menerima bahwa anak mereka mungkin memiliki tantangan belajar yang mengganggu keberhasilan dan potensi anak. Kemungkinan itu bisa membuat orang tua merasa terasing dan tidak berdaya. Namun, karena orang tua paling mengenal anak mereka, sangatlah penting bagi mereka untuk mengenali perbedaan cara belajar dan mencari bantuan. Campur tangan dini dapat berdampak signifikan pada keberhasilan anak di sekolah dan dalam kehidupan mereka. Jika ditangani lebih awal, masalah yang terkait dengan perbedaan pembelajaran dapat diminimalkan dan keberhasilan dimaksimalkan.

Dalam “dunia pendidikan“, perbedaan cara belajar biasanya tidak disadari sampai anak-anak memasuki tingkat dasar, ketika membaca, matematika, dan mengeja diperkenalkan. Kemudian, anak dapat menunjukkan tanda-tanda yang dapat ditafsirkan sebagai masalah perilaku, ketika mereka benar-benar merupakan refleksi dari kesulitan anak dengan perbedaan cara belajar.

Anak-anak itu pintar. Mereka menyadari ketika anak-anak lain “mendapatkan” apa yang tidak mereka dapatkan di kelas. Mereka tahu bahwa meskipun sudah belajar dengan keras, memperhatikan, mendengarkan dan mengerjakan PR mereka, lantas tidak menjadikan sekolah lebih mudah. Mereka merasa kurang dan kurang berhasil dan semakin berbeda.

Untuk anak-anak yang merasa dirinya berbeda,campur tangan dari para ahli penting, tetapi merasa terhubung dan baik tentang diri sendiri sangatlah lebih penting. Disini peran penting orang tua diperlukan dalam membantu anak⁃anak mereka. Mereka dapat membantu mewujudkan kesuksesan bagi anak mereka, sambil membangun kepercayaan dan kegembiraan anak mereka.

Untuk melakukan ini, orang tua perlu mengamati dan mengungkap cara terbaik untuk mencapai lima hal penting ini untuk kesuksesan anak mereka:

1. Selidiki cara terbaik anak Anda dalam memproses informasi. “Gaya belajar” dapat diartikan dengan berbagai cara. Secara umum, dipecah menjadi auditori, visual, dan kinestetik (menyentuh dan / atau gerakan). Seorang anak dapat menjadi pembelajar auditori-visual, pembelajar auditori-kinestetik, atau bahkan kombinasi ketiganya. Namun, keadaan emosional anak juga berpengaruh pada proses belajar. Orang tua dan guru akan menemukan gaya belajar anak, serta menonton dan mencatat perilaku respons belajar yang dapat mengungkapkan banyak informasi tentang bagaimana seorang anak dapat menjadi pembelajar yang sukses.

Bersambung ke Bagian 2

One thought on “Membantu Anak dengan Cara Belajar Unik Agar Sukses – Bagian 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.