Latih Otakmu Seperti Juara Memori – Bagian 3

Lanjutan Bagian 2

Cara Mengingat Angka

Pada Bagian 2 kita telah membahas bagaimana cara mengingat nama dengan metode Mnemonik dan metode Loci, selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara mengingat angka. Dalam kejuaraan Memori, para peserta menggunakan Major system dan sering menghubungkannya dengan Memory palace atau istana memori. Hal tersebut merupakan cara paling lazim untuk mengingat ratusan, atau bahkan ribuan angka.

Dalam contoh sebelumya, nomor telepon, itu mungkin berlebihan. Trik yang lebih berguna adalah trik sederhana, yang disebut “chunking” atau dapat disebut pemenggalan/pemotongan. tanpa sadar, Kita telah menggunakan cara ini selama bertahun-tahun. Sebagai contoh, kita menggunakan nomor telepon, misalnya, sudah dipenggal. Kita tidak menulis atau membaca nomor telepon sebagai satu digit. Angka 023114597 lebih mudah dikelola saat ditulis, atau dibaca sebagai 023-114-597. Nomor kartu kredit juga dipenggal, seperti nomor KTP. Kita juga menggunakan cara ini untuk menghafal "warna pelangi" (Me-ji-ku-hi-bi-ni-u).

Foer mempunyai kenalan yang tidak pernah secara khusus diajari untuk melakukan cara ini, tetapi menggunakan teknik untuk mengingat angka dengan menghubungkannya dengan hobinya, berlari. “Misalnya, 3.492 diubah menjadi 3 menit dan 49 poin 2 detik, yang mendekati waktu rekor dunia”. Sebagian orang menganggap hal ini mungkin tidak lebih mudah daripada mengingat angka itu sendiri. Tapi untuk pelari, ini cerita yang berbeda.

Atau, dimungkinkan untuk menggunakan Major system untuk mengingat kombinasi angka yang lebih sedikit, bahkan tanpa menempatkan representasi visual di dalam istana memori, seperti yang telah dilakukan sebelumnya. Misalkan untuk nomor telepon 023-114-597, jika mengacu pada bagan di atas, dapat diubah menjadi “ SNM TDR LPG”. Dari sini kita bisa membentuk suatu frasa yang aneh dan mudah diingat, seperti “Senam tidur di lapangan”. Memang, itu salah dieja, tetapi penggambarannya sangat mudah untuk diingat.

Dalam pelatihan seperti seorang juara memori, hal terpenting adalah visual. Setiap teknik yang dibahas memanfaatkan kemampuan untuk memvisualisasikan ingatan daripada sekadar berusaha mengingatnya. Tidak ada, secara fisiologis, yang memisahkan atlet memori dari orang-orang yang lupa di mana letak kunci mereka atau orang yang tidak dapat mengingat menu sarapan mereka. Perbedaannya ada pada metode pelatihan, dan waktu yang dihabiskan untuk menguasainya.

Mullen berkata bahwa, “Secara keseluruhan, saya katakan Anda pasti tidak perlu menjadi ahli untuk memiliki ingatan yang kuat”. Jika Anda sungguh-sungguh menggunakan beberapa trik yang ada, Anda mungkin akan mengejutkan diri sendiri. Demikian pembahasan mengenai cara melatih memori kita agar lebih kuat.

One thought on “Latih Otakmu Seperti Juara Memori – Bagian 3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.