Latih Otakmu Seperti Juara Memori – Bagian 2

Lanjutan Bagian 1

Pada Bagian 1 telah dibahas tentang gambaran umum dari Teknik Mnemonik. Pada bagian ini kita akan membahas tentang cara kerja Teknik Mnemonik.

Cara Kerja Mnemonik

Dalam arti evolusi, daya ingat kita belum menjadi pusat untuk informasi non-visual. Sebelum munculnya teknologi digital, manusia tidak perlu mengingat tanggal atau nomor handphone. Namun, mereka membutuhkan pikiran yang tajam tentang waktu terbaik dalam setahun untuk menanam tanaman, tanaman apa yang bisa dimakan, dan kapan mereka mungkin perlu berkemas dan pindah untuk mengimbangi sumber makanan nomaden.

Seorang ilmuwan saraf kognitif di Yayasan Tiny Blue Dot, bernama Nicco Reggente, Ph.D. berkata bahwa “Dari perspektif prioritas evolusi, saya pikir sebagian besar dari ini datang ke mekanisme gating yang dimiliki untuk menunjukkan dan ‘menandai’ rangsangan yang masuk sebagai hal penting untuk kelanjutan eksistensi kita.”

Bahkan di jaman ini, representasi sensorik merangsang memori dengan cara menghafal belaka tidak dapat dikaitkan. Dr. Reggente menjelaskan bahwa ini paling baik dilihat di hippocampus, bagian otak yang berperan untuk menunjang gerakan. “Agar gerakan ini dapat diartikan, harus dikendalikan melalui prediksi”, katanya. “Di zaman modern ini, area yang sama dapat digunakan juga untuk ingatan non-spasial (berbasis non-pergerakan).”

Itulah sebabnya mnemonik visual, seperti Metode Loci sangat efektif; kami mendukung sistem kognitif yang telah disesuaikan selama jutaan tahun untuk bekerja lebih baik dengan representasi visual dan spasial. “Visualisasi biasanya bermanfaat karena menterjemahkan dari bentuk abstrak objek (atau konsep) ke dalam bentuk spasial,” kata Dr. Reggente.

Cara Mengingat Nama

Nama-nama sebenarnya paling mudah diingat dengan memfokuskan pada teks saat diucapkan dan kemudian menggunakannya segera. “Trik yang paling berguna sama sekali bukan tipuan,” kata Mr. Mullen, sang juara memori. “Triknya adalah fokus.”

Saat mnemonik berjalan, semua pakar yang kami ajak bicara menyarankan teknik yang sama untuk mengingat nama. Memilih suatu ciri khas dari orang yang diajak bicara. Bagi Mullen, dalam contoh yang dibuat, itu adalah warna rambut. Ciri yang paling mencolok tentang “Karen” adalah rambutnya yang berwarna oranye, mirip seperti wortel. Dia kemudian membayangkan Karen dengan wortel untuk rambut, mungkin mengunyah mereka saat mereka berbicara.

Di dunia psikologi, ada contoh aneh tentang bagaimana cara ini bekerja, disebut dengan “Baker/ baker paradoks”. Setelah menunjukkan subyek foto yang sama dari wajah seorang pria, para peneliti memberi tahu separuh peserta nama keluarganya, Baker, dan setengah lainnya memberi tahu pekerjaannya, yaitu baker atau tukang roti. Beberapa hari kemudian, subjek memiliki kecenderungan untuk mengingat pekerjaan pria itu daripada namanya. Hal ini memainkan sifat alami suatu ingatan. Setelah mendengar lelaki itu seorang tukang roti, otak segera bekerja menciptakan atau mengingat jaringan saraf yang luas yang berkaitan dengan tukang roti: roti segar, topi putih dan celemek, atau mungkin seseorang yang berdiri di depan toko kue, menyapa anak-anak dengan permen yang lezat.

Ketika tidak selesai, rasa ini juga bertanggung jawab untuk perasaan bahwa kita melupakan kata yang sudah berada di ujung lidah. Menurut Foer: “Kemungkinan karena kita hanya mengakses sebagian dari jaringan saraf yang ‘berisi’ ide/gambaran, tetapi tidak semuanya”. Selain nama, hal apakah yang sering terlupakan?

Bersambung ke Bagian 3

2 thoughts on “Latih Otakmu Seperti Juara Memori – Bagian 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.