Latih Otakmu Seperti Juara Memori – Bagian 1

Kadang kita bermasalah dalam mengingat nama, wajah, atau nomor telepon. Di dunia ini ada sebagian orang spesial yang memang diberi kelebihan oleh Tuhan untuk dapat mengingat hal-hal yang tidak bisa dilakukan oleh orang biasa. Dari situlah tercipta kontes/lomba untuk orang-orang dengan ingatan yang luar biasa baik. Tentu untuk mempunyai ingatan yang hebat perlu beberapa trik/cara agar ingatan kita tetap baik. Di sini kita akan membahas salah satu metode yang digunakan para atlet memori dan rekomendasi dari ahli saraf agar kita bisa mengingat dengan lebih baik.

Seorang “Atlet memori”, Munkhshur Narmandakh pernah menggunakan kombinasi dari teknik mnemonik untuk mengingat lebih dari 6.000 digit biner hanya dalam 30 menit. Alex Mullen, tiga kali Juara World Memory Championship (Kejuaraan dunia tentang memori), menggunakannya untuk menghafal urutan setumpuk kartu hanya dalam 15 detik, rekor pada saat itu. Rekor tersebut kemudian dipatahkan oleh Shijir-Erdene Bat-Enkh, yang melakukannya dalam 12 detik.

Kita tidak akan membahas sampai tingkat kejuaraan, kita akan mencoba menerapkan strategi tersebut untuk hal yang ada di kehidupan sehari-hari kita, seperti hal-hal yang sering dilupakan saat pesta makan malam atau saat pesta yang berhubungan dengan relasi di pekerjaan kita.

Kekuatan Mnemonik

Di awal pembahasan ini, kami menggunakan dua strategi mnemonic untuk mengingat tujuh digit nomor telepon. Yang pertama disebut “Major System (Sistem Utama),” dikembangkan pada 1648 oleh sejarawan Johann Winkelmann.

Penulis Joshua Foer, dalam bukunya yang berjudul “Moonwalking with Einstein” (Moonwalk bersama Einstein) menggambarkan bahwa Major system merupakan sandi sederhana yang mengubah angka menjadi huruf atau suara fonetik. Dari situ kita dapat menyusun kata-kata ataupun gambar. Beberapa pasti akan membingungkan ataupun masih terlihat mentah, beberapa yang lain mungkin terdapat kesalahan eja dan kesalahan faktual. Hal ini tentu bukan masalah yang besar, sistem ini dirancang untuk memperkaya imajinasi, bukan untuk membuat gambaran yang tepat.

Misalkan, untuk angka 19, dari tabel di atas kita memperoleh kombinasi dua huruf, yaitu TP, TB, DP, atau DB. Selanjutnya akan kita cari beberapa visual yang cocok dengan kombinasi huruf tersebut, seperti Topi (TP), Topi Bundar (TB), Depan (DP), Demam Berdarah (DB). Imajinasi kita akan mengikuti logika yang sama. Contoh yang lain, RS/Rumah Sakit (40), SR/Sari (04).

Orang dapat berpendapat bahwa Major system sama rumitnya dengan hanya menghapal 7 digit angka, atau lebih. Itu sebabnya kita akan sering melihat atlet memori menggabungkan dengan sistem mnemonik yang lain, seperti Metode Loci. Metode ini pertama kali dikembangkan pada masa Yunani kuno, tetapi mulai populer pada awal tahun 1966 melalui buku “The Art of Memory” yang ditulis oleh Frances A. Yates. Juga dinamakan istana memori (memory palace atau mind palace), metode Loci melibatkan penempatan barang-barang di tempat yang familiar, misalkan rumah kita. Joshua Foer dalam bukunya menyarankan untuk berjalan melewati pintu depan dan kemudian membiarkan mata memandang dari kiri ke kanan, atas ke bawah. Dalam contoh di atas, kita mulai dengan melihat peta, meletakkan figur mewah di bawahnya, dan kemudian seekor anjing dengan satu pasang kaus kaki di mulutnya.

Bagaimanapun, untuk menghafal tujuh digit sangat mudah, anak-anak pun bisa melakukannya. Gary Shang pernah mengaplikasikan Metode Loci untuk menghafal nilai pi (22/7 atau 3,14……) hingga 65.536 digit. Lalu, bagaimanakah cara kerja metode Mnemonik?

Bersambung ke Bagian 2

One thought on “Latih Otakmu Seperti Juara Memori – Bagian 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.